IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Anggota Komisi VII DPR : Gross Split Dikhawatirkan Hilangkan Kedaulatan Negara

Anggota Komisi VII DPR : Gross Split Dikhawatirkan Hilangkan Kedaulatan Negara

Written By Indopetro portal on Monday, 16 January 2017 | 09:55

indoPetroNews- Wacana pemerintah menerapkan skema Gross Split memancing reaksi keras dari anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Apa komentarnya?

“Boleh saja Gross Split diterapkan dengan syarat kedaulatan negara tidak boleh hilang,” tegas Kurtubi, politisi dari Partai Nasdem, kepada indoPetroNews.com Minggu (15/1/2017) di Jakarta. Yang dikhawatirkan, penerapan Gross Split akan menghilangkan kedaulatan negara.

Dimana letak kedaulatan negara? “Negara pemiliki sumberdaya migas di perut bumi. Karena itu negara berhak menentukan biaya-biaya untuk memproduksikannya. Sebab yang memproduksikannya adalah perusahaan asing. Kita berhak mengontrol biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan asing ini, sebab biaya tersebut akan dibayar kembali oleh negara,” terang Kurtubi. Dan yang dieksplorasi itu adalah kekayaan negara.

Lebih lanjut Kurtubi menerangkan, pada titik tersebut, Gross Split tidak tepat jika sampai kedaulatan negara hilang. Artinya, negara tidak bisa lagi mengontrol biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan asing tersebut.

Oleh sebab itu, kata Kurtubi, pihaknya konsisten untuk tetap menggunakan skema Production Sharing Contract (PSC). “Tentu dengan melengkapi sistem yang sekarang lewat revisi Undang-undang Migas. Ini obat untuk menolong industri migas kita dapat bangkit. Investasi pun bisa meningkat,” tandasnya.

Dia juga mengungkapkan fakta bahwa produksi migas nasional saat ini sedang anjlok, investasi pun anjlok, lalu ditawarkan solusi Gross Split. Padahal produksi dan investasi anjlok karena Undang-undangnya yang salah. “Karena pengelolanya adalah pemerintah, yaitu BP Migas atau SKK Migas yang salah dan melanggar konstitusi negara,” tegasnya. Jadi bukan sistemnya yang salah! (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login