IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Cina Pangkas Produksi Minyak

Cina Pangkas Produksi Minyak

Written By Indopetro portal on Wednesday, 18 January 2017 | 14:44

indoPetroNews- Produksi minyak mentah dari Cina diprediksi akan turun 7% pada 2017. Sejumlah lembaga seperti CLSA Ltd, Sanford C. Bernstein & Co dan Nomura Holdings Inc. menunjukkan proyeksi tersebut. Ketiga perusahaan tersebut menyebutkan, penurunan produksi itu menjadi kelanjutan dari fenomena sepanjang 2016.

Adapun, persentase pemangkasan dari Cina setara dengan yang disepakati oleh Irak dalam kesepakatan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada 30 November 2016. Seperti diketahui, Irak adalah produsen minyak dunia terbesar kedua setelah Arab Saudi di organisasi tersebut.

“Cina akan membantu OPEC pangkas kelebihan pasokan minyak. Bahkan, meskipun Cina tak bermaksud bantu OPEC, mereka pada dasarnya sudah tak mampu memproduksi lebih dari kuota saat ini,” kata Nelson Wang, analis minyak dan gas CLSA Ltd, Rabu (18/1/2027), seperti disinyalir Reuters.

Meskipun Cina bukan konsumen terbesar dunia, jumlah permintaan minyak negara ini terbilang cukup besar. Beijing pun cukup bergantung pada impor bahan bakar tidak terbarukan tersebut.

Impor minyak Negeri Tirai Bambu ini pada 2016 tercatat tumbuh pada kecepatan tertinggi selama enam tahun terakhir, yakni naik 13,6% secara year-on-year (yoy). Permintaan minyak dari luar negeri hingga akhir tahun lalu terekam mencapai 8,6 juta barel per hari. Sementara itu, berdasarkan survei Bloomberg, pembelian minyak di Asia, termasuk Cina akan meningkat hingga 4,8%.

Kenaikan permintaan yang juga diimbangi oleh penurunan produksi domestik dari Beijing, diperkirakan menambah permintaan minyak di pasar global. Padahal, dalam rapat OPEC pada 30 November lalu, para negara anggota sepakat untuk untuk memangkas produksi sebesar 1,2 juta barel per hari menjadi 32,5 juta barel per hari mulai awal 2017. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login