IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Dampak Negatif Anjloknya Harga Minyak pada Ekonomi Nusantara

Dampak Negatif Anjloknya Harga Minyak pada Ekonomi Nusantara

Written By Indopetronews on Tuesday, 17 January 2017 | 10:50

indoPetroNews- Anjloknya harga minyak mentah di pasar dunia tentu membawa berbagai dampak bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Apa saja ekses negatifnya?

"Ada beberapa aspek yang bakal mendera ekonomi Indonesia. Efek negatifnya adalah, Indonesia sebagai negara net importir, akan mengurangi kinerja industri manufaktur, otomotif, dan properti yang masih bergantung kepada Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai sumber energi," kata peneliti Dana Mitra Lingkungan, Afif pada sejumlah media, Senin (16/1/2017) di Jakarta. Dengan harga produksi yang tinggi maka produk ekspor Indonesia akan kurang kompetitif.

Dampak lainnya adalah naiknya harga BBM akan mengakibatkan inflasi secara umum di masyarakat karena masih menggunakan BBM sebagai sumber energi utama. "Efek multiplier yang akan terjadi antara lain harga barang semakin mahal, daya beli menurun, kemiskinan dan pengangguran akan bertambah," tambahnya. Volatilitas harga tersebut akan lebih terasa efeknya di masyarakat karena secara perlahan pemerintah menghapus subsidi BBM.

Efek berikutnya, lanjut Afif, masih tingginya penggunaan BBM sebagai pembangkit akan mendorong PLN melakukan penyesuaian tarif Iistrik. Hal lainnya terjadinya inflasi tinggi akan menjadi salah satu faktor yang mendorong Bank Indonesia (BI) untuk kembali menaikkan suku bunga di level yang Iebih tinggi.

"Kebijakan moneter dengan menaikkan suku bunga Bank Indonesia lebih tinggi akan berdampak negatif terutama bagi sektor properti dan perbankan," tandasnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login