IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Direktur Hulu Pertamina : Riset dan Pengembangan Teknologi, Syarat Cari Cadangan Baru

Direktur Hulu Pertamina : Riset dan Pengembangan Teknologi, Syarat Cari Cadangan Baru

Written By Indopetronews on Tuesday, 10 January 2017 | 09:11

indoPetroNews- Dalam dua tahun terakhir PT Pertamina telah diberikan kepercayaan penuh oleh pemerintah untuk mengelola blok-blok minyak dan gas bumi (migas) yang akan berakhir masa kontraknya, seperti Blok Siak dan Blok Mahakam.

"lni tentu saja menjadi tantangan, seberapa besar kemampuan Pertamina untuk dapat menjaga atau bahkan meningkatkan produksi dari blok-blok migas yang diserahkan pengelolaannya kepada Pertamina," kata Direktur Hulu Pertamina, Syamsu Alam kepada wartawan, Senin (9/2/2017) di Jakarta. Penguasaan dan kemandirian teknologi hulu akan memegang peranan penting, sebagaimana yang sudah Pertamina buktikan di Blok ONWJ dan BlokWMO.

Menurut penjelasan Syamsu, industri migas tidak bisa lepas dari kreativitas, inovasi, dan penguasaan teknologi. Maka dalam kondisi harga minyak yang rendah sekarang ini, ungkapnya, riset dan pengembangan teknologi, terutama untuk mencari cadangan baru, harus tetap terpelihara sehingga pada saat nanti harga minyak rebound, Pertamina sudah siap berlari kencang.

"Upaya yang dilakukan Pertamina berupa Enhanced Oil Recovery/Improved Oil Recovery, operation excellence di bidang pemboran, Serta peningkatan kegiatan eksplorasi harus dapat dilaksanakan secara selektif dan fokus," katanya. Sehingga dapat memberi hasil yang optimal.

Karena itu, pihaknya, lanjut Syamsu, selalu meningkatkan kemampuan dan penguasaan teknologi, di tengah tantangan industri hulu migas nasional yang semakin tinggi dengan bergesernya sumber migas dari onshore dan perairan ke offshore. Pertamina telah membuktikannya di Blok ONWJ dan Blok WMO dengan hasil peningkatan produksi dari dua blok tersebut. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login