IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Iran Pasok Gas ke Irak Awal Maret

Iran Pasok Gas ke Irak Awal Maret

Written By Indopetro portal on Thursday, 26 January 2017 | 17:10

indoPetroNews- Awal Maret 2017, Negara Islam Iran mulai mengekpor gas bumi ke Irak. Berapa jumlah gas yang bakal dipasok?

"Berdasarkan kontrak eskpor gas ke Irak sebesar tujuh juta meter kubik perhari. Setelah 21 bulan mencapai angka yang ditetapkan dalam kontrak sebesar 10 miliar meter kubik," kata Direktur Eksekutif Perusahaan Teknik dan Pengembangan Gas Iran, Hassan Montazer Torbati, seperti dikutip dari Mehrnews, Rabu (25/1/2017). Gas bisa dialirkan dari Iran ke wilayah selatan Irak melalui jalur pipa baru.

Dengan dimulainya pembangunan jalur pipa gas kedua dari Iran ke Irak, maka gas dari perbatasan negara ini sudah dialirkan hingga perbatasan.

Dia menyatakan pembangunan fase pertama jalur pipa gas Iran ke Irak telah berakhir, dan pekan depan akan diresmikan.

"Jika Irak siap menerima, maka Iran tidak memiliki masalah untuk memasok gas alam ke negara ini," ujar Torbati.

Dia juga menyinggung pembangunan tahap kedua jalur pipa gas ke wilayah selatan Irak, Bashrah. "Jalur pipa gas kedua dari arah Khoramshahr, barat daya Iran, telah dimulai, dan tahap pertama bisa memasok sekitar lima juta meter kubik gas ke wilayah selatan Irak," kata Torbati.

Sebagai catatan, perusahaan nasional gas Iran menandatangani kontrak gas dengan kementerian listrik dan energi Irak pada 2013, dan pada 2016 diperbaharui kontraknya mengenai jangka waktu kontrak oleh kedua pihak.

Kontrak ekspor gas kedua dari Irak ke wilayah Bashrah, Irak telah ditandatangani pada 2015. Berdasarkan kontrak tersebut, Iran memasok sembilan juta meter kubik per hari ke wilayah selatan Irak. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login