IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Kepala BATAN : Dukungan Masyarakat pada PLTN Makin Tinggi

Kepala BATAN : Dukungan Masyarakat pada PLTN Makin Tinggi

Written By Indopetro portal on Tuesday, 10 January 2017 | 14:27

indoPetroNews- Survei untuk meningkatkan kepercayaan bangsa Indonesia dalam pembangunan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Nuklir. "Kita memaparkan keadaan logis dan realistis," kata Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)

Djarot Sulistio Wisnubroto kepada media, Selasa (10/1/2017) di Jakarta. Walaupun demikian, Djarot mengakui bahwa energi nuklir menjadi pilihan terakhir. "Tapi energi nuklir tidak harus menunggu habisnya energi fosil untuk kemudian dikembangkan," ujar Djarot.

Seperti diketahui, BATAN memaparkan hasil dari survei yang diselenggarakannya. Hasilnya? "Jumlah dukungan masyarakat terhadap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) naik dibandingkan tahun 2015," kata Djarot.

Survei dilaksanakan secara nasional yang dilakukan oleh PT Pro Ultima antara Oktober Desember 2016 yang menunjukkan tingkat penerimaan sebesar 77,5396. Survei dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 4.000 responden dari 34 Provinsi di Indonesia.

Hasil survei menunjukkan tren positif dukungan terhadap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang terus meningkat sejak mulai dilakukan survei pada 2011 (49,5%), 2012 (52,9%), 2013 (64,1%), 2014 (72%) dan 2015 (75,3%). Bila dilihat dari jumlah dukungan yang terus konsisten naik dari tahun ke tahun, maka disimpulkan bahwa masyarakat sudah tidak mempermasalahkan lagi kehadiran PLTN di Indonesia. Pada saat dimulai survei pada tahun 2011, jumlah dukungan masih sangat rendah. Hal ini sangat mungkin terjadi karena masyarakat masih terpengaruh dengan kecelakaan PLTN Fukushima Daiichi di Jepang. Masyarakat internasional termasuk Indonesia secara intensif menerima berbagai informasi yang menimbulkan persepsi negatif terhadap PLTN. Namun pada tahun-tahun berikutnya, secara perlahan jumlah dukungan terus naik secara konsisten.

Menurut Angga Yunimantara, koordinator survei PT Pro Ultima, dari hasil survei ditemukan haI-hal yang menarik untuk dicermati. "Jumlah dukungan paling tinggi diperoleh di provinsi Sulawesi Utara yang mencapai 98%, kemudian secara berturut-turut adalah Iawa Barat, Jambi dan Aceh yang mencapai 95%, sedangkan dukungan paling rendah adalah Gorontalo, yaitu 47%. Yang paling menarik adalah Bangka Belitung, dimana dukungan PLTN mencapai 67,5%, padahal pada tahun sebelumnya hanya 52%," papar Angga.

Untuk diketahui bahwa Bangka Belitung adalah daerah yang pernah dilakukan kajian tapak untuk lokasi pembangunan PLTN. Masyarakat Bangka Belitung belum sepenuhnya menerima pembangunan PLTN, yang ditunjukkan dengan melakukan demonstrasi selama dilaksanakan kajian tapal antara tahun 2011-2013. Survei khusus yang dilakukan di seluruh provinsi Bangka Belitung pada 2011. Hasilnya jumlah dukungan terhadap PLTN hanya sekitar 35%.

Angga memaparkan, hasil survei menunjukkan alasan penerimaan terhadap PLTN didominasi oleh 3 alasan utama yaitu, ”harapan tidak ada pemadaman listrik”, ”listrik menjadi murah”, dan ”menciptakan lapangan kerja”. Hasil ini menunjukkan harapan masyarakat terhadap penyediaan tenaga listrik di Indonesia yang lebih stabil dengan harga yang lebih terjangkau untuk mendukung penciptaan lapangan pekerjaan yang lebih luas serta dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

Opini masyarakat berdasarkan hasil survei menunjukkan bahwa masyarakat memiliki keyakinan positif bahwa pembangunan PLTN dapat berkontribusi terhadap hal tersebut.

Hal menarik lainnya, ungkap Angga, adalah responden berjenis kelamin lakl-laki lebih mendukung PLTN dibandingkan dengan perempuan, yaitu 79,7% untuk lakl-laki dan 75,3% untuk perempuan. Perbedaan dukungan juga terjadi pada kategori penghasilan, yaitu semakin besar penghasilan atau tingkat kesejahteraan seseorang, semakin memiliki kecenderungan menolak PLTN. Sementara itu, faktor tingkat pendidikan dan pemahaman tidak memiliki pengaruh besar terhadap dukungan PLTN. Hal tersebut, imbuh Angga, dapat disimpulkan bahwa masyarakat dari berbagai lapisan sudah memiliki pemahaman yang baik terhadap PLTN. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login