IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Kepala SKK Migas : Pihak Vendor Harus Diaudit

Kepala SKK Migas : Pihak Vendor Harus Diaudit

Written By Indopetro portal on Wednesday, 25 January 2017 | 13:31

indoPetroNews- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Divisi PPBN mengadakan acara Focus Group Discussion (FGD) dan Penyampaian Proker SKK Migas terkait "Right To Audit Clause". Acara ini dilaksanakan pada Rabu (25/1/ 2017). Pelaksanaan kegiatan dijadwalkan berlangsung pukul 07.30 - 11.15 WIB di Kantor SKK Migas, Jakarta. Agendanya adalah Penyampaian Program Kerja SKK Migas terkait "Right to Audit Clause” Tahun 2017.

Pada acara tersebut, Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi memberikan pengarahan mengenai Konsep dan Program Kerja SKK Migas terkait "Right to Audit Clause”.

"Tugas utama SKK Migas lebih pada pengelolaan aspek hulu migas. Selain itu menjadikan cost recovery yang lebih efisien. Setelah dipelajari ternyata jauh kemana-mana," kata Amien. Karena itu, pihaknya butuh bantuan kantor akuntan dan investigasi.

Menurutnya, lanjut Amien, saat ini terdapat 85 perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) yang masuk eksploitasi. "Sebanyak 8 Kontraktor KKS sedang dalam pembangunan fasilitas," ujar Amien sembari menambahkan bahwa biaya-biaya capital expenditure (capex) dan operational expenditure (opex) masuk dalam cost recovery.

Lebih jauh Amien mengutarakan bahwa pihak kontraktor KKS dalam menjalankan operasinya menggandeng para vendor, baik untuk pengerjaan seismik, pengeboran, studi dan lain sebagainya. Sebagai informasi, ada sebanyak 5142 vendor, 85 kontraktor dan 20 trader.

"Kontrak antara Kontraktor KKS dengan vendor tersebut dalam pengerjaan proyek ada yang dimark up. Nah, melalui kantor akuntan dan investigasi inilah kita akan menghilangkan mark up. Yang diaudit adalah pihak vendor," tegas Amien, seraya mengakui bahwa ini akan mematikan vendor.

Hadir dalam kesempatan tersebut, di antaranya adalah Sekretaris SKK Migas, Deputi Pengendalian Keuangan, Deputi Pengendalian Dukungan Bisnis, Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai, Kepala Divisi Manajemen Sistem Informasi dan 23 Kantor Akuntan Publik/Konsultan. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login