IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Kesepakatan OPEC Belum Berdampak Pada Naiknya Harga Minyak

Kesepakatan OPEC Belum Berdampak Pada Naiknya Harga Minyak

Written By Indopetronews on Tuesday, 17 January 2017 | 16:32

indoPetroNews- Walaupun telah tercapai kesepakatan diantara negara-negara anggota OPEC pada akhir tahun silam, tetapi efeknya belum maksimal mendongkrak harga minyak mentah di pasar dunia. Harga minyak mentah telah anjlok sekitar 5 prosen dari puncak harga tertingginya awal bulan Januari ini.

Pergerakan tersebut disinyalir akibat tingginya skeptisme pelaku pasar mengenai kesungguhan negara-negara terkait dalam mentaati kuota yang ditentukan, meski sebagian sudah melaksakannya.

"Untuk setiap kenaikan harga minyak sebesar US$10 per barel, permintaan minyak akan menurun sebanyak 10 basis poin. Meski konsensus (analis) mengekspektasikan pertumbuhan minyak 1.3 juta bph pada tahun 2017 (lebih rendah dari 1.4 juta bph pada 2016), kami melihat risiko penurunan (lebih dari itu) seiring dengan termoderasinya pertumbuhan permintaan di China dan India," demikian pernyataan dari AB Bernstein, sebuah perusahaan riset dan manajemen investasi terkemuka di New York, seperti dikutip Reuters pada Selasa (17/1/2017).

Dalam hal ini, perlu dicatat bahwa meski permintaan bahan bakar dari negara berkembang, termasuk China, masih terus meningkat karena pertambahan jumlah kendaraan. Akan tetapi, sebagian permintaan minyak selama dua tahun terakhir bersumber dari minat negara-negara tersebut untuk menimbun selagi harga murah. Kerisauan penurunan permintaan saat harga minyak naik, secara khusus ditujukan pada permintaan untuk mengisi cadangan minyak.

Sebagai catatan, berdasarkan kesepakatan yang telah disepakati pada Desember 2016, anggota OPEC, Rusia, dan sejumlah negara produsen minyak lainnya akan memangkas output minyak mentah mereka sebesar nyaris 1.8 juta barel per hari (bph) mulai Januari 2017 hingga setidaknya enam bulan ke depan. Targetnya, menanggulangi limpahan surplus yang telah menyeret harga minyak ke level rendah dalam dua tahun terakhir, serta mengembalikan level produksi kembali selaras dengan tingkat konsumsi global. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login