IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menanti Realisasi Blok Masela dari Jepang

Menanti Realisasi Blok Masela dari Jepang

Written By Indopetronews on Thursday, 12 January 2017 | 18:07

indoPetroNews- Kebijakan pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla tidak terinstitutionalized. Akibatnya tidak ada arah yang jelas. Apa buktinya?

"Soal proyek pembangunan blok Masela, yang semula offshore kemudian jadi onshore," kata ekonom dari The Habibie Center, Umar Juoro, dalam satu diskusi pada Kamis (12/1/2017) di Jakarta. Perubahan skema ini berkat dorongan (kebijakan) dari mantan Menko Maritim, Rizal Ramli.

Menurut Umar, perubahan skema pun berbuntut selain molornya pengembangan tapi juga belum adanya titik terang pembiayaan dari pihak investor dari Jepang. Karena itu, tidak heran bila Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan berharap kedatangan PM Jepang Shinzo Abe akan membicarakan rencana realisasi Blok Masela.

"Belum tentu Jepang akan segera mengeluarkan dananya untuk Blok Masela," tutur Umar.

Dia juga mengutarakan sejatinya kebijakan pemerintah bertumpu pada institusionalisasi kebijakan. "Bukan tergantung pada kebijakan personal sang menteri," ujar Umar.

Lebih jauh Umar mengungkapkan bahwa investasi 2017 sangat tergantung pada bagaimana memfasilitasi investasi baik domestik maupun asing. "Investasi ke depan kemungkinan dari Tiongkok," ujar Umar. Semestinya peranserta swasta dalam negeri dan luar yang lebih luas lebih didorong untuk berinvestasi di sektor migas. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login