IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pemerintah Harus Lakukan Sesuatu agar Volatilitas Harga BBM Tidak Bebani Rakyat

Pemerintah Harus Lakukan Sesuatu agar Volatilitas Harga BBM Tidak Bebani Rakyat

Written By Indopetro portal on Monday, 16 January 2017 | 15:33

indoPetroNews- Volatilitas harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sepenuhnya dipengaruhi harga minyak mentah dunia sebagai bahan baku dan variabel lain di belakangnya. Pengaruh dinamika perekonomian dan politik internasional tersebut tidak dapat dihindarkan apalagi Indonesia sebagai negara net importir. Permasalahannya adalah bagaimana upaya pemerintah agar volatilitas harga BBM tersebut tidak memberikan beban yang berlebih kepada masyarakat dan kalangan industri mengingat hampir sebagian besar mesin perekonomian dan kehidupan masyarakat di Indonesia masih bergantung dengan BBM.

"Indonesia tidak bisa mempengaruhi fluktuasi harga dan yang bisa dilakukan adalah meminimalkan efek negatif yang mungkin terjadi pada masyarakat dan posisi keuangan negara," kata Afif peneliti dari Dana Mitra Lingkungan kepada wartawan, Senin (16/1/2017) di Jakarta. Sampai saat ini harga minyak mentah relatif stabil di kisaran US$ 50 per barel.

Sebagai upaya penjagaan perekonomian, kata Afif, pemerintah harus melakukan beberapa hal. Pertama, penguatan dalam melakukan kebijakan faskal dan moneter dalam upaya mengatur inflasi. Kedua, alokasi subsidi ke bahan pokok atau listrik sebagai buffer untuk meringankan beban masyarakat. Ketiga, melakukan perbaikan transportasi massal. Keempat, mendorong infrastruktur energi berbasis EBT (Energi Baru Terbarukan), menjadikan pembangkit listrik berbasis BBM sebagai pilihan terakhir dalam penyediaan listrik jika tidak ada opsi lain.

Kelima, melakukan sertikaasi peralatan hemat energi baik untuk sektor industri maupun rumahan. Keenam, mendorong investasi dalam pembangunan kilang minyak dalam negeri. Ketujuh, melakukan perbaikan kinerja Pertamina dalam efisiensi komponen HPP (Harga Pokok Produksi) BBM dan rantai pasokannya sehingga bisa menyediakan BBM dengan harga murah mengingat Pertamina merupakan salah satu BUMN dengan tanggungjawab PSO (Public Service Obligation). Kedelapan, memberikan insentif pajak dan lainnya bagi industri yang terkena dampak kenaikan harga BBM. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login