IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pertamina Kembangkan TDA untuk Gapai World Class Energy Company

Pertamina Kembangkan TDA untuk Gapai World Class Energy Company

Written By Indopetronews on Thursday, 19 January 2017 | 09:13

indoPetroNews- PT Pertamina (Persero) menformulasikan dan menerapkan program Talent Development Acceleration (TDA) untuk mempercepat proses pengembangan kapasitas para pekerja untuk menghadapi tantangan perusahaan dalam upaya mencapai visi sebagai World Class Energy Company.

"Dalam upaya untuk menghadapi berbagai dinamika industri migas dalam konteks kompetisi global, sumber daya manusia memainkan peran yang sangat penting," kata Direktur SDM, IT, dan Umum Pertamina Dwi Wahyu Daryoto kepada wartawan, Rabu (18/1/2017). Pekerja, lanjutnya, adalah modal utama untuk memastikan seluruh program yang dicanangkan melalui Lima Pilar Prioritas Strategis Pertamina dapat terlaksana.

“Pertamina berkomitmen untuk membangun kapasitas SDM yang mumpuni untuk mendukung keberlanjutan pengelolaan bisnis dengan fokus pada keamanan, keandalan operasi, pelibatan dan pengembangan kapasitas dan kompetensi pekerja,” kata Dwi.

Dia menambahkan saat ini Pertamina menghadapi tantangan demografi dengan 30% dari pekerjanya akan memasuki usia pensiun dalam lima tahun mendatang. Di sisi lain, hanya sekitar 20% dari pekerja level menegah yang dapat mengisi posisi strategis yang ditinggalkan dalam periode tersebut.

Untuk menghadapi tantangan ini, lanjutnya, Pertamina telah menformulasikan dan menerapkan program TDA yang menyajikan program-program pengembangan pekerja dari mulai masuk bekerja, level menengah hingga level tinggi. TDA mengombinasikan pengajaran terprogram, penilaian, pelatihan, mentoring, belajar bertindak, dan penugasan-penugasan pekerjaan.

Program TDA dirancang secara spesifik mempertimbangkan beberapa tantangan sumber daya dan juga lingkungan perusahaan. Pertamina juga melakukan konsultasi inklusif dalam menetapkan struktur program, target, hasil yang diinginkan, indikator keberhasilan dengan melibatkan para pemangku kepentingan yang relevan, termasuk top management, para pakar, manajer pada divisi SDM, dan pekerja sebagai partisipan.

Pertamina Corporate University merupakan organisasi pembelajaran perusahaan pertama di Asia yang memperoleh akreditasi CLIP karena telah menyadari sepenuhnya akan pentingnya pengembangan kapasitas pada kondisi lingkungan perusahaan yang terus tumbuh.

Akreditasi diberikan terhadap program pembelajaran dan pengembangan kapasitas Pertamina yang menunjukkan keterlibatan yang kuat dari manajemen pada Pertamina Corporate University, efektivitas program yang diberikan, kekuatan brand dan keterlibatan pekerja, integrasi program dengan program-program pembelajaran dan proses pengembangan kapasitas SDM lainnya dan potensi pengembangannya di masa mendatang. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login