IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Presiden Jokowi sudah Tandatangani RUEN

Presiden Jokowi sudah Tandatangani RUEN

Written By Indopetro portal on Monday, 23 January 2017 | 17:10

indoPetroNews- Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) sudah di tandatangani Presiden Joko Widodo. Lalu, apa tindaklanjutnya?

"Setelah ditandatangani maka tindaklanjut berikutnya mendorong daerah untuk menyusun Rencana Umum Energi Daerah (RUED)," kata anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Tumiran pada acara Konferensi Pers Hasil Sidang Anggota ke-20 DEN, Senin (23/1/ 2017) di
Ruang Damar Gedung Heritage Kementerian ESDM, Jakarta Pusat. DEN juga mendorong penyusunan tersebut.

Capaian target-target di RUEN, lanjut Tumiran, tidak boleh bergeser. Sebab pembangunan pembangkit tidak bergeser, capaian Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Tumiran mengakui bahwa pemerintah ragu tapi DEN minta tetap harus sesuai target yang telah disepakati, yaitu 23% pada 2025 harus dicapai dengan berbagai cara dan strategi.

Dia juga mengungkapkan bahwa Dirjen listrik dan PLN melakukan paparan capaian target. "Isu selama ini seolah pemerintah tidak mendorong karena ada tarif, yang didorong adalah transparansi, akuntabel keekonomian diukur," katanya.

Sedangkan harga EBT tidak bisa disamakan di berbagai wilayah tetapi disesuaikan dengan potensinya. "Tapi maksimal 85 prosen dari BPP regional bukan nasional. Kalau nasional listrik 2016, 980 per kwh, tidak dterapkan secara nasional," ujar Tumiran.

Sebelumnya, pada Kamis (5/1/2017), telah dilaksanakan Sidang Paripurna DEN ke-4, bertempat di Kantor Presiden Republik Indonesia, dengan agenda Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), Strategi pencapaian target Energi Baru Terbarukan (EBT) dan proyek 35.000 MW.

Menurut penjelasan Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, Edi Prasodjo, Sidang Paripurna DEN ke-4 dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia selaku Ketua DEN, dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia selaku Wakil Ketua DEN dan dihadiri Anggota DEN dari Unsur Pemerintah dan Unsur Pemangku Kepentingan serta para Menteri terkait.

Beberapa hal yang dibahas dalam Sidang Paripurna DEN ke-4, antara lain: RUEN merupakan panduan dalam pengelolaan energi tanah air yang mengacu pada PP Nomor 79 tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional. Ketetapan RUEN sendiri sudah ditunggu oleh Pemerintah Daerah untuk dijadikan payung hukum dalam penyusunan Rencana Umum Energi Daerah Provinsi (RUED-P).

Pembahasan lain, menyangkut strategi pencapaian target EBT sejak awal harus diantisipasi dari tahun 2017, agar kesenjangan antara target dan estimasi pencapaian EBT tidak terlalu besar, sehingga di akhir tahun 2025 target EBT sebesar 23% dapat dicapai.
Sidang Paripurna ini memberikan solusi untuk peningkatan capaian program listrik 35.000 MW, yang antara lain bertujuan untuk meningkatkan kehandalan sistem ketenagalistrikan dalam rangka mengejar ketertinggalan konsumsi listrik per kapita dari negara tetangga. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login