IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » SKK Migas Tetap Dibutuhkan Walau Gross Split Diterapkan

SKK Migas Tetap Dibutuhkan Walau Gross Split Diterapkan

Written By Indopetro portal on Friday, 6 January 2017 | 15:29

indoPetroNews- Apakah peran Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) akan hilang bila skema gross split diejawantahkan?

"Lembaga seperti SKK Migas tentunya masih tetap dibutuhkan. Plan of Development (POD) dan Work Program and Budget (WP&B) harus tetap ada," kata mantan Kepala BP Migas, Kardaya Warnika kepada sejumlah media, pada Jumat (6/1/2017) di Jakarta. Tapi masalah anggaran dan proses pembelian barang tidak membutuhkan persetujuan lagi dari SKK Migas.

Pengawasan kegiatan, kata Kardaya, juga harus tetap dijalankan sebagai perwujudan amanat bahwa sumber daya migas adalah milik dan dikuasai oleh negara.

"Peran SKK Migas akan lebih berfokus pada hal-hal teknis, seperti diamanatkan undang-undang, yang saat ini belum sepenuhnya dijalankan. Proses tender dan pembelian barang yang tidak perlu lagi meminta persetujuan akan memangkas banyak proses birokrasi yang saat ini dikeluhkan oleh pelaku usaha," ujarnya. Namun semua barang yang dibeli tetap menjadi milik negara. Untuk melindungi kepentingan dalam negeri, pemanfaatan barang dan jasa produk dalam negeri harus diatur dan diawasi pemerintah secara ketat.

Dia juga menegaskan bahwa skema gross split yang digagas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, sebagai suatu gagasan baru. Karena itu, kesederhanaan dari konsep bersifat vital agar mudah dimengerti dan menarik, sehingga akan menentukan keberhasilan implementasi.

Seyogianya, imbuh Kardaya, pemerintah tidak terlalu njelimet, seperti menerapkan sliding scale split dan terlalu banyak variabel dalam menetapkan besaran split. Untuk melihat penerimaan pasar dan agar tidak mengganggu lifting mjgas, sebaiknya konsep baru ini dicoba dalam penawaran wilayah kerja baru dulu, bukan pada perpanjangan kontrak baru, apalagi untuk Pertamina. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login