IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » US$ 50-60, Harga Minyak Ideal Indonesia

US$ 50-60, Harga Minyak Ideal Indonesia

Written By Indopetro portal on Tuesday, 24 January 2017 | 11:12

indoPetroNews- Adanya kesepakatan pengurangan produksi dari negara-negara yang tergabung dalam Organization of the Petroleum Exporting Contries (OPEC) bukan harga. “Target mereka adalah menurunkan stok atau inventory. Inventory itu rata-rata selalu di atas 5 tahun,” kata Widyawan Prawiraatmadja, Gubernur OPEC dari Indonesia, pada indoPetroNews.com Minggu (22/1/2017) di Jakarta. Cara menurunkannya dengan menurunkan produksi.

Menurutnya, pada level tertentu, bila harga terlampau tinggi, diyakini mereka akan melepas kesepakatan harga. “Untuk negara-negara yang tidak tergantung pada pendapatan minyak, seperti Arab Saudi, tentunya tidak ingin harga minyak terlalu tinggi,” ucapnya. Sebab nantinya yang akan menikmati (kenaikan harga) adalah negara-negara non OPEC, seperti Amerika Serikat (AS).

Dia menuturkan, kalau biaya produksi dapat ditekan terus, karena pada waktu harga turun maka biaya-biaya produksi, harusnya juga turun. “Kalau kita bisa menurunkan itu dan tetap kompetitif di level biaya produksi sekitar US$25 maka harga minyak antara US$50 – 60 sudah cukup,” tandasnya. Bila lebih dari itu, yang berat ada pada harga Bahan Bakar Minyak (BBM)nya.

Seperti diketahui, lanjutnya, Indonesia adalah negara net importer. Jadi, bebannya akan juga berat bila harga minyak terlampau tinggi. “Inflasi akan naik bila harga melonjak tinggi. Idealnya, buat Indonesia, harga minyak mentah berkisar antara US$50 – 60,” tegas Widyawan, seraya mengimbuhkan tidak ada satu negara pun yang bisa menentukan harga. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login