IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Holding Migas Sejatinya Menguatkan Perusahaan Nasional

Holding Migas Sejatinya Menguatkan Perusahaan Nasional

Written By Indopetronews on Tuesday, 28 February 2017 | 21:39

indoPetroNews-Rencana pemerintah untuk membuat holding minyak dan gas bumi (migas) mendapat reaksi keras dari berbagai kalangan. Pasalnya, gagasan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tersebut hingga kini juga terwujud.

"Holding minyak dan gas bumi (migas) sejatinya dapat menguatkan perusahaan nasional. Namun kalau menguatkan mengapa hingga kini belum diwujudkan," kata Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB), Noviandri dalam sambutannya pada seminar dengan tajuk Apakah Holding Migas dan PP No. 72 Tahun 2016 Solusi untuk Kedaulatan Migas Indonesia? pada Selasa (28/2/2017) di kantor Pertamina Pusat, Jakarta.

Seminar nasional ini turut dihadiri oleh Direktur Pengolahan Pertamina, Toharso, yang mewakili Plt Dirut Pertamina. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Marwan Batubara dan Ferdinand Hutahean, keduanya pemerhati migas dan Prof Juajir Sumardi, Guru Besar Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Selanjutnya bagi Noviandri, belum terealisasinya holding migas hingga saat ini tentu memantik beragam pertanyaan lain.

Misalnya, ia juga mempertanyakan apakah rencana holding migas akan menjadi solusi untuk memperkuat kedaulatan dan ketahanan energi atau justru untuk mengerdilkan perusahaan. "Apalagi membuka celah untuk unbundling," katanya.

Dia juga menganalisis jangan-jangan ide holding migas ini hanya sebagai trik untuk tidak melibatkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Mengamputasi DPR dengan tidak melibatkan dalam proses pembahasan BUMN," cetus Noviandri.

Lebih jauh Noviandri mengingatkan agar holding migas jangan terjebak pada Neo Liberalisme. "Kita berharap holding migas jangan malah membuat negeri kita makin tergantung pada asing," tandas Noviandri seraya mengimbuhkan FSPPB tidak akan tinggal diam untuk menolaknya.

Sementara itu, Toharso, dalam sambutannya menyampaikan bahwa holding migas diharapkan mampu menjadi solusi kedaulatan migas.

"Pertamina mendukung integrasi PGN ke Pertamina. Bila terjadi, maka sinergi cost, teknologi dan infrastrukturpun dapat saling menunjang dan menguatkan," kata Toharso. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login