IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » K3LL Jadi Komitmen Utama Operasi Migas

K3LL Jadi Komitmen Utama Operasi Migas

Written By Indopetronews on Tuesday, 21 February 2017 | 16:24

indoPetroNews- Proses efisiensi yang dilakukan dalam industri hulu minyak dan gas bumi (migas) jangan mengabaikan aspek keselamatan.

"Efisiensi jangan ngorbankan safety. Sumber daya alam itu untuk manusia, bukan manusia dikorbankan untuk sumber daya alam," kata Deputi Pengendalian Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Muliawan, dalam sambutannya saat membuka acara HSE Breakfast Meeting 2017 pada Selasa (21/2/2017) di Jakarta. Jadi jangan dibalik.


Hadir dalam kesempatan tersebut, diantaranya Kepala Divisi Penunjang Operasi SKK Migas, Nurwahidi, Kepala Humas SKK Migas, Taslim Z. Yunus dan pimpinan manajemen health, safety and environment (HSE) Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS).

Muliawan mengutarakan selain kondisi bisnis migas memang kurang bagus karena harga minyak di pasar dunia belum stabil, bisnis juga memiliki resiko tinggi. "Kondisi saat ini tentu memberi tantangan sekaligus kesempatan. Ibarat pisau bermata dua; efisiensi tetapi tetap utamakan keselamatan," tegasnya.

Dia mengungkapkan bahwa Kebijakan Keselamatan Kerja dan Lindungan Lingkungan (K3LL) menjadi komitmen bersama. "SKK Migas mengharuskan komitmen K3LL melalui kepemimpinan dan akuntabilitas dari seluruh pimpinan Kontraktor KKS untuk memastikan pelaksanaan aspek K3LL secara efektif dan efisien," tandasnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap dapat bersinergi untuk mendapatkan ide-ide dan inovasi dalam menjalankan operasi dengan nihil kecelakaan. "Tidak membahayakan manusia dan tidak merusak lingkungan," tegasnya. Untuk itu, Muliawan meminta untuk memikirkan secara bersama-sama agar bisa bertanggung jawab dalam penerapan kaidah-kaidah keselamatan kerja dan lindungan lingkungan di seluruh kegiatan operasi migas.

Selain itu, pihak SKK Migas, juga berharap agar para Kontraktor KKS dapat mematuhi seluruh peraturan keselamatan kerja dan lindungan lingkungan. Serta diharapkan pula menerapkan dan bertanggung jawab terhadap seluruh ketentuan kontrak yang telah disepakati.

Sementara itu, Kepala Divisi Penunjang Operasi SKK Migas, Nurwahidi, menyampaikan tujuan diselenggarakannya HSE Breakfast Meeting 2017 sebagai ajang komunikasi. Di samping itu tujuan dari K3LL sendiri terdiri dari tiga bagian. Pertama, memastikan kegiatan operasi Kontraktor KKS tidak mengalami kecelakaan. Kedua, tidak membahayakan manusia. Ketiga, tidak menyebabkan kerusakan lingkungan.

Nurwahidi juga mentargetkan pada tahun 2017 yang akan dicapai terkait HSE adalah sebagai berikut: Pertama, tidak ada kejadian fatality. Kedua, lost time incident rate dalam 1 wilayah kerja. Ketiga, perbaikan kinerja Kontraktor KKS dengan peringkat Proper merah. Keempat, tidak adanya tumpahan minyak minimal 15 barel.

Pada bagian lainnya, Nurwahidi juga mengutarakan pihak SKK Migas telah menginisiasi  pembangunan pengolahan limbah di Kalimantan Timur, Papua dan Jawa. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login