IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menteri Rini Harus Paparkan Desain BUMN Energi ke Publik

Menteri Rini Harus Paparkan Desain BUMN Energi ke Publik

Written By Indopetronews on Thursday, 9 February 2017 | 15:00

indoPetroNews- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno sejatinya memaparkan konsep desain BUMN energi. Sehingga tidak terjadi bongkar pasang jajaran direksi, seperti yang terjadi pada Pertamina.

"Saat ini yang terjadi tidak ada tata kelola (good corporate governance) yang ada di Pertamina. Desainnya tidak dipaparkan transparan," kata peneliti Institute Development for Economics Finance (INDEF), Enny Sri Hartati dalam satu diskusi pada Kamis (9/2/2017) di Jakarta.

Apa buktinya? "Semula dikatakan bahwa adanya penambahan posisi Wakil Direktur Utama agar kinerja Pertamina lebih bagus. Tapi belakangan dikatakan adanya tambahan Wakil Dirut justru tidak efektif karenanya kemudian dihapus," tegas Enny.

Seperti diketahui, Komisaris Utama Pertamina, Tantri Abeng, mengusulkan kepada Menteri BUMN agar ada posisi Wakil Direktur Utama. Lalu, setelah disetujui oleh Menteri BUMN, diangkatlah Ahmad Bambang menjabat sebagai Wakil Dirut, mendampingi Dirut Pertamina, Dwi Soetjipto.

Namun seiring perjalanan waktu, awal Februari lalu keduanya diberhentikan oleh Menteri Rini sebagai Dirut dan Wakil Dirut dengan alasan tidak adanya harmonisasi diantara keduanya.

Agar peristiwa tersebut tidak berulang kembali, Enny berharap pemerintah, dalam hal ini Menteri BUMN, segera memaparkan desain tata kelola BUMN, termasuk Pertamina. "Baru setelah itu dicari komponen-komponen atau personel yang cocok untuk menjalankan desain atau tata kelola," terangnya.

Lebih jauh Enny berharap sosok orang nomor wahid Pertamina ke depan, harus profesional, mempunyai integritas tinggi, memiliki kapabilitas di bidang minyak dan gas bumi. "Jangan orang yang ahli pertamanan disuruh ngurusin migas," tegas Enny. Bila kriteria-kriteria tersebut dipenuhi, tentu harapannya persoalan kemandirian energi, utamanya migas, dapat diwujudkan di Tanah Air. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login