IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Migas Harus Jadi Pendorong Tumbuhnya Industri

Migas Harus Jadi Pendorong Tumbuhnya Industri

Written By Indopetro portal on Saturday, 25 February 2017 | 10:24

indoPetroNews- Minyak dan gas bumi (migas) selain untuk pemenuhan kebutuhan energi juga menjadi salah satu sumber penerimaan negara. Namun paradigma sumber penerimaan negara harus segera diubah. Mengapa?

“Saya pernah menjadi Menteri Keuangan tahu persis peran dari minyak dan gas. Meskipun saya juga melihat perubahan yang signifikan. Saat terlibat dalam penyusunan APBN 2011 – 2014 itu kelihatan penerimaan migas masih cukup penting. Jumlah penerimaannya saat itu 200 – 300 Triliun. Penerimaan pajaknya sekitar 700 – 800 Triliun. Sedangkan cukai sekitar 100 Triliun. Dengan pola seperti itu,migas masih menjadi salah satu yang paling penting,” kata Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang P.S.Brodjonegoro, dalam satu diskusi pada Jumat sore (24/2/2017) di Jakarta.

Bambang menuturkan, seiring waktu, terjadi penurunan harga minyak yang cukup drastis di pasar dunia. Biasanya di atas 100 USD per barel turun hingga serendah-rendahnya sekitar US$20 per barel. “Disitu kita melihat tahu-tahu peranan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) migas itu melorot luar biasa. Dari angka 200 – 300 Triliun menjadi 70 – 80 Triliun,” paparanya. Jadi, bayangkan dalam tempo 1 hingga 2 tahun penurunan sampai 100 Trilun. Dan ini cukup berat untuk struktur APBN.

Menurut Bambang, saat ini penerimaan migas tidak terlalu signifikan. “Kalau melihat periode 2011 -2014 sangat penting. Bahkan kalau kita kilas balik ke tahun 70 an, APBN kita isinya dari penerimaan sektor migas. Waktu itu, kalau bicara APBN, pajak dan cukai itu, istilah saya,hanya hiasan saja. Karena harus ada dalam anggaran supaya ketahuan secara teori dapat disebut APBN. Karena APBN itu terdiri dari pajak dan bukan pajak,” paparnya.

Dengan melihat itu, lanjutnya, paradigma migas sebagai pendapatan harus diubah. “Migas jangan lagi dijadikan sebagai sumber pendapatan tetapi menjadi faktor produksi,” katanya. Artinya, migas menjadi pendorong perkembangan sektor-sektor lain, utamanya industri pengolahan dan energi. Kendati demikian, tidak mudah mengubah paradigma tersebut dalam satu malam. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login