IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pebisnis : Buka Lelang Jabatan Direksi Pertamina

Pebisnis : Buka Lelang Jabatan Direksi Pertamina

Written By Indopetro portal on Monday, 6 February 2017 | 14:00

indoPetroNews-Seumumnya, pergantian direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah wajar saja dan tergantung dari pemilik saham yaitu Pemerintah. Dalam hal ini diwakili oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno. Namun pergantian kali ini tercium aroma terjadinya persaingan dan pertikaian internal yang disebabkan oleh hal yang tidak sepele. Apa dan bagaimana pertikaiannya?

"Adanya kelompok-kelompok dalam dewan direksi serta komisaris maupun kementriaan BUMN pasti berdampak atas kinerja perusahaan. Kemungkinan masalahnya dipicu oleh kepentingan-kepentingan kelompok, bukan masalah bagaimana meningkatkan kinerja perusahaan," kata Iwan Ratman, President/CEO PT Petro TC International kepada media, Senin (6/2/2017) di Jakarta. Pemerintah selaku pemegang saham terbesar semestinya transparan karena BUMN adalah milik rakyat, bukan milik pribadi atau kelompok.

Menurut Iwan, rakyat berhak bertanya apa yang terjadi. "Apakah RUPS ini dipicu oleh kinerja perusahaan yang buruk atau apa? Jangan menjalankan manajemen BUMN layaknya manajemen warung kopi," tegas mantan Sp Deputi SKK Migas ini.

Pertamina adalah perusahaan strategis dan BUMN terbesar di Indonesia. Oleh karenanya, lanjut Iwan, penunjukan dewan direksi harus didasarkan atas kapabilitas dan pengalaman profesional, bukan atas kedekatan apalagi nepotisme. Apabila kaidah-kaidah ini tidak dijalankan maka tinggal tunggu kehancuran Pertamina yang selama ini menjadi kebanggaan bangsa.

Lebih jauh Iwan menegaskan, Presiden Jokowi sangat berkepentingan agar Pertamina dapat tumbuh menjadi Power House Indonesia, seperti janji waktu kampanye dulu bahwa Pertamina akan mengalahkan Petronas. Namun sudah lebih dari 2 tahun tanda-tanda ke arah sana belum juga ada.

"Jika tanda-tanda saja belum ada maka jangan terlalu berharap janji tersebut akan tercapai, hanya fatamorgana saja. Untuk itu diperlukan campur tangan Presiden dengan mengangkat Direksi yang mumpuni, punya track record perminyakan, punya kapabilitas dan pengalaman baik dalam dan luar negeri serta tidak punya keterkaitan dengan kelompok-kelompok mafia perminyakan," terang Iwan. Bila perlu membuka lelang jabatan untuk direksi Pertamina sehingga akan didapat kandidat terbaik, sehingga kelak kandidat terpilih tidak perlu balas budi atas membayar kepada mafia yang akan menjadi beban dalam mengemban amanah rakyat sebagai direksi. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login