IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Tiga Tahun Lagi Indonesia Impor Gas

Tiga Tahun Lagi Indonesia Impor Gas

Written By Indopetro portal on Monday, 20 February 2017 | 16:42

indoPetroNews- Indonesia bukan negara kaya sumber gas alam. Faktanya, tiga tahun lagi harus dilakukan impor. Mengapa bisa terjadi?

 “Impor gas harus dilakukan lantaran peningkatan kebutuhan gas dalam negeri tidak mampu lagi dipenuhi oleh pasokan gas dalam negeri, “ kata Kepala Divisi Komersialisasi Gas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Sampe L. Purba, pada acara Sharing Knowledge dengan beberapa media massa baik cetak, elektronik, televisi dan online mengenai Komersialisasi Gas Bumi pada Kamis (16/2/ 2017) di Gedung Serba Guna SKK Migas, Lantai P9, Gedung City Plaza, Jl. Gatot Subroto No 42 Jakarta. Sampe dalam pemaparannya juga menjelaskan  soal suplai dan permintaan gas bumi.  

"Kita punya neraca gas, berdasarkan estimasi suplai dan demand, dan juga eksisting fasilitas, diprediksi bahwa sekitar tiga tahun dari sekarang kita akan melakukan impor gas," kata Sampe.

Menurut dia, permintaan gas domestik akan terus meningkat lebih tinggi, dibandingkan dengan peningkatan pasokan sebagaimana dalam estimasi SKK Migas. Saat ini, pasokan gas RI sebenarnya melimpah, namun infrastruktur dan blok migas yang berproduksi masih terbatas.

Dia juga menuturkan alasan masih mahalnya harga gas di tingkat konsumen. Salah satu penyebabnya adalah sistem niaga gas Indonesia yang masih menggunakan pihak ketiga atau distributor. Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Pertagas merupakan beberapa pemain besar dalam sistem distribusi gas Indonesia.

“Kunci dalam menurunkan harga gas berada di pelaku distribusi ini. Jika mereka bisa melakukan efisiensi maka harga gas bisa sesuai permintaan Presiden Joko Widodo di USD 6 per MMBTU,” katanya. Dari hulu sudah ada yang USD 6 bahkan di bawah posisi tersebut . Dan sampai di pengusaha bisa USD 12. (Sofyan) 
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login