IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Genjot Produksi, SKK Migas Bentuk Pokja Komoditas Turbo Machinery

Genjot Produksi, SKK Migas Bentuk Pokja Komoditas Turbo Machinery

Written By Indopetronews on Monday, 20 March 2017 | 15:52

\
indoPetroNews- Kegiatan pengendalian dan pengawasan pengadaan barang jasa oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) saat ini lebih difokuskan pada 5 komoditas utama dengan pengadaan biaya terbesar. Jenis komoditas apa yang terbesar?

“Salah satunya adalah komoditas Turbo Machinery. Komoditas ini sangat critical mempengaruhi continuity kelanjutan produksi minyak dan gas bumi (migas),” kata Djoko Siswanto, Deputi Pengendalian Pengadaan SKK dalam acara penandatanganan antara SKK Migas dengan Solar Turbine International Company, Kamis (16/3/2017) di Jakarta.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, Juan Rojas, VP Costumer Service Solar Turbine International Company, Richard Bundi, Managing Director Asia Pacific Solar Turbine International Company, Deni Budi Kurnianto, Direktur Utama (Dirut) PT Indo Turbine dan beberapa petinggi SKK Migas.

Kerjasama ini menjadi langkah awal dalam pengembangan komoditas tersebut karena sebenarnya inisiasi dan pencanangannya telah lama dilakukan. Selain kualitas produk, lanjut Djoko, kegiatan perawatan dan layanan purna jual dari Turbo Machinery juga sangat diperlukan untuk menghindari dari kegagalan produksi, terutama unplanned shutdown.

Kegiatan Turbo Machinery di seluruh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) mencapai sekitar 90 juta USD per tahun. “Biaya ini cukup besar maka kita perlu mencari upaya agar produksi migas tetap efisien. Upaya tersebut salah satunya adalah dengan menjalin kerjasama yang lebih intensif dengan pabrikan Turbo Machinery guna meningkatkan efisiensi produksi dan realibilitas produksi,” katanya.

Disamping itu, imbuhnya, juga dalam rangka meningkatkan kapabilitas nasional. Karena upaya meningkatkan kapabilitas nasional adalah hal yang esensial bagi pertumbuhan pembangunan nasional. “Populasi gas turbine dengan merek Solar Turbine merupakan terbesar yang digunakan oleh para Kontraktor KKS, yaitu 81% atau 377 unit dari keseluruhan sejumlah 464 unit gas turbine yang digunakan oleh para Kontraktor KKS,” papar Djoko seraya menambahkan, biaya perawatan yang dikeluarkan oleh seluruh Kontraktor KKS untuk peralatan Solar Turbine hampir mencapai US$70 juta per tahun.

Saat ini SKK Migas dan para Kontraktor KKS memiliki Kelompok Kerja (Pokja) yang khusus untuk mengembangkan program komoditas strategis Turbo Machinery. “Sinergi antara regulator dan pelaksana di lapangan ini diharapkan dapat menghasilkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan tetapi tetap dalam koridor-koridor peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login