IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pos Anggaran HSE Jangan Disunat

Pos Anggaran HSE Jangan Disunat

Written By Indopetronews on Monday, 20 March 2017 | 16:27

indoPetroNews- Aspek Health, Safety, dan Environment (HSE) dalam industri hulu dan hilir minyak dan gas bumi sejatinya tidak hanya berhenti pada sloganistik minus implementasi. Betapa tidak, faktanya banyak pemotongan dalam anggaran HSE.

“Selama ini HSE sering hanya menjadi slogan saja, tetapi faktanya banyak pemotongan di anggaran HSE. Ini yang kita khawatirkan akan berdampak negatif nantinya,” kata Mirza Mahendra, Kepala Sub Direktorat Keteknikan dan Keselamatan Lingkungan, Ditjen Migas, Kementerian ESDM kepada wartawan di Jakarta, Minggu (19/3/2017) di Jakarta. Karena itu, aspek HSE perlu ditekankan pada setiap pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha migas.

Mirza menjelaskan, budaya keselamatan dalam perusahaan dibagi atas 4 level, yakni reactive, dependent, independent, dan interdependent. Skor paling tinggi adalah interdependent ketika semua orang sudah berbicara safety bagi dirinya maupun orang lain serta menjalankannya secara konsisten. “Dari berbagai hasil audit di berbagai perusahaan, level Indonesia saat ini masih di kisaran level 2 dan sebagian level 3,” paparnya.

Menurut Mirza, penegakan prinsip HSE hendaknya menjadi budaya yang seyogianya dimulai dari adanya tekad kuat dari pimpinan perusahaan. Tanpa adanya keinginan kuat dari level atas perusahaan, Mirza meyakini, penegakan prinsip HSE akan sulit diterapkan. “Sekarang sekuat mana tekad para pimpinan perusahaan, apakah lebih mengutamakan profit atau keselamatan pekerjanya,” ujar pria pemegang gelar doktor ini.

Dia tidak menampik bahwa bisnis migas saat ini tengah dirundung kelesuan menyusul belum stabilnya harga minyak mentah di pasar dunia. Apalagi perusahaan-perusahaan migas pun kini tengah menerapkan proses pengetatan biaya operasi agar dapat survive dalam situasi sulit ini. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login