IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Stok Minyak AS Berlebih, OPEC Meradang

Stok Minyak AS Berlebih, OPEC Meradang

Written By Indopetro portal on Tuesday, 14 March 2017 | 16:36

indoPetroNews- Di tengah kesepakatan pemotongan produksi (output) minyak mentah dari para anggota Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC), negara Adidaya Amerika Serikat (AS) malah memiliki inventori (stok) melimpah. Berapa jumlah inventorinya?

Diperkirakan jumlah menyak mentahnya membengkak hingga mencapai 8.209 juta barel minggu lalu. Jumlah ini berkali lipat lebih tinggi dari estimasi awal yang hanya diperkirakan kenaikan sebanyak 1.967 juta barel. Demikian laporan yang tercantum dalam laporan statistik mingguan yang dirilis oleh US Energy Information Agency (US EIA).

Para analis mengatakan pasar memperkirakan data akan menunjukkan persediaan minyak Amerika Serikat naik ke rekor tertinggi.

Produksi minyak AS diperkirakan akan kembali menguat dan tumbuh sebesar 1,4 juta barel per hari pada 2022, jika harga tetap sekitar US$ 60 per barel. Hal itu diungkapkan Badan Energi Internasional (IEA) pada Senin, (13/3/2017).

Padahal, banyak pihak telah mewanti-wanti kalau peningkatan output di Amerika Serikat bisa menggagalkan upaya OPEC dan negara produsen minyak lainnya untuk menyeimbangkan pasar minyak global dengan memangkas produksi.

Pemerintah Arab Saudi pun mengingatkan terkait melimpahnya inventori AS. "Peningkatan produksi minyak AS yang terlalu kuat dalam dua tahun ke depan menjadi tidak baik bagi pasar," kata Menteri Energi Arab Saudi, Khalid Al-Falih.

Sebagai catatan, Kuwait dikabarkan akan menggelar rapat tingkat menteri pada 26 Maret, dihadiri oleh negara-negara anggota OPEC dan produsen minyak lainnya, dengan agenda mereview pemangkasan produksi minyak yang telah dilaksanakan.

Sebagian pihak kini mengharapkan pertemuan itu bakal menyinggung juga soal perpanjangan kesepakatan pemangkasan produksi yang sedianya hanya akan dilaksanakan di paruh pertama 2017 saja, walaupun beberapa petinggi telah mengatakan pembicaraan itu masih terlalu dini. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login