IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » BBM 1 Harga, Pertamina Siapkan Pilot Lokal Terbangkan Pesawat Air Tractor

BBM 1 Harga, Pertamina Siapkan Pilot Lokal Terbangkan Pesawat Air Tractor

Written By Indopetro portal on Wednesday, 5 April 2017 | 16:49

indoPetroNews- PT Pertamina (Persero) menyiapkan pilot-pilot dari dalam negeri untuk memperoleh lisensi khusus menerbangkan pesawat jenis Air Tractor. Pasalnya, BUMN bidang energi ini dituntut untuk memperluas jangkauan Program BBM Satu Harga di seluruh pelosok Indonesia, seperti yang digariskan Presiden. Dengan program ini, harga BBM di seluruh Indonesia jadi berkeadilan, semua penduduk Indonesia di mana pun berada bisa menikmati harga BBM yang sama.

Jamak diketahui, bahwa harga BBM di daerah terpencil seperti pedalaman Papua, Krayan yang berbatasan dengan Malaysia, yang sebelumnya bisa mencapai Rp 60.000/liter kini bisa menjadi Rp 6.450/liter untuk Premium dan Rp 5.150/liter untuk Solar.

Agar dapat menjangkau daerah-daerah tersebut, mau tidak mau harus menggunakan pesawat, jenisnya Pesawat Air Tractor. "Kami siapkan penerbang-penerbang sipil dan TNI untuk bisa dapat lisensi ini. Kalau bisa pilot domestik yang punya dedikasi tinggi," kata SVP Fuel Marketing Distribution, Gigih Wahyu Hari Irianto, dalam diskusi di Kantor Pusat Pertamina, Selasa (4/4/2017) di Jakarta.

Untuk itu, Pertamina menyewa 2 pesawat jenis Air Tractor berkapasitas 8 ton untuk mengangkut BBM ke pedalaman Papua dan Krayan. Pesawat ini harus diterbangkan oleh pilot yang memiliki lisensi khusus. Tak semua pilot boleh menerbangkan Air Tractor, risikonya tinggi.

"Air Tractor ini khusus untuk mendeliver BBM. Kapasitasnya 8 ton atau 8 kiloliter (KL). Untuk menerbangkan ini harus dapat lisensi khusus. Tidak semua pilot bisa menerbangkannya," tutur

Ia menambahkan, tak ada pilot Indonesia yang memiliki lisensi khusus untuk menerbangkan Air Tractor. Karena itu, Pertamina terpaksa menyewa pilot asing.

"Pilotnya orang asing karena pilot kita belum ada. Beda sama AMT (Awak Mobil Tangki). Supir mobil tangki mogok, bisa langsung hire baru. Kalau ini enggak bisa," ucapnya. Oleh sebab itu, agar tidak bergantung pada jasa pilot asing, Pertamina menyiapkan pilot-pilot dalam negeri untuk memperoleh lisensi khusus menerbangkan pesawat jenis Air Tractor. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login