IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Santos Fokus pada Kemandirian Masyarakat

Santos Fokus pada Kemandirian Masyarakat

Written By Indopetro portal on Monday, 10 April 2017 | 13:54

indoPetroNews- Fokus kegiatan Tanggung Jawab Sosial (TJS) Santos pada 2016 adalah penguatan pondasi-pondasi kemandirian masyarakat. Hal ini agar terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi setempat guna terciptanya lapangan kerja alternatif dan bernilai tambah. Apa saja bentuk kegiatan penguatan fondasinya?

Terdapat 19 desa yang berdekatan dengan fasilitas lepas pantai Santos. Masing-masing desa memiliki kebutuhan dan program tersendiri. Boleh dikatakan untuk tahun 2016.

“Program-program tersebut meliputi bidang pendidikan, fasilitas umum, sosio ekonomi, pelatihan, kesehatan, kebudayaan dan lingkungan hidup,” kata Hartono, East Java External Relations Leader Santos Indonesia kepada indopetronews.com Senin (10/4/2017).

Pada 2017, kata Hartono, Santos mencanangkan program-program penguatan kemandirian masyarakat dalam bidang sosio ekonomi, bantuan perbaikan fasilitas umum, revitalisasi lingkungan dan pengembangan potensi ekowisata daerah.

Salah satu kendala eksternal yang dihadapi pihak Santos adalah masih diperlukannya upaya edukasi kepada para pemangku kepentingan (stakeholders) untuk bisa memilah-milah antara kebutuhan dengan keinginan. Beberapa usulan solusi persoalan yang ada di tengah masyarakat dinilai hanya sebagai keinginan saja dan bukan sebagai kebutuhan riil.

Lebih jauh Hartono mengemukakan bahwa masyarakat di sekitar wilayah operasi Santos pada dasarnya menilai positif terhadap program-program yang ada. Mengapa? “Ini dikarenakan suara masyarakat terakomodir dalam forum-forum untuk mendiskusikan persoalan dan solusi terhadapnya. Pelibatan masyarakat secara langsung menjadikan masyarakat ikut merasa memiliki program,” paparnya.

Di setiap desa, lanjutnya, telah terbentuk Pokmas (Kelompok Masyarakat) yang fungsi utamanya adalah sebagai pelaksana program. Dengan asistensi dari LSM mitra Santos, Pokmas melakukan perencanaan dan pelaksanaan program. “Mereka juga berperan aktif dalam proses pemantauan dan evaluasi setiap program yang dijalankan,” tandasnya.

Kemandirian masyarakat menjadi tujuan utama Santos dalam kurun waktu 3 tahun kedepan. Oleh karena itu, ungkap Hartono, Santos akan melakukan upaya-upaya secara optimal untuk mendorong terciptanya kemandirian masyarakat. “Kemandirian ini menjadi sangat penting mengingat sebagian besar sumber daya alam berupa hasil perikanan tangkap tidak diolah oleh masyarakat setempat. Hal ini menjadikan masyarakat tidak menikmati nilai tambah dari setiap hasil tangkap nelayan,” katanya.

Selain itu, Santos berkeinginan untuk terus memberikan bekal keterampilan bagi para pemuda untuk menciptakan dan membuka lapangan kerja alternatif.

Makna TJS bagi Santos, ungkap Hartono adalah kemitraan bersama masyarakat menjadi hal yang wajib dilakukan agar tercapai simbiosis mutualisme. “Sumur-sumur produksi yang dioperasikan oleh Santos berada diluar kewenangan Pemerintah Kabupaten Sampang dan Sumenep, meskipun masyarakat Sampang dan Sumenep-lah yang selama ini bekerja mencari ikan di sekitar wilayah operasi Santos,” paparnya.

Oleh karena itu, tambah Hartono, agar masyarakat merasakan manfaat positif secara langsung dari keberadaan bisnis Santos di daerahnya, maka program TJS dirancang sedemikian rupa agar memberdayakan dan memberikan manfaat langsung yang dapat dinikmati oleh masyarakat setempat. Dengan demikian, kesenjangan sosial bisa diminimalisir.

Saat ditanyakan soal anggaran TJS, Hartono mengatakan, “Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini, rata-rata anggaran setiap tahunnya adalah Rp 4,1 Milyar untuk kedua blok operasi Santos”.

Sebagai catatan, Santos mengoperasikan 2 blok di Selat Madura, yaitu Sampang PSC dan Madura Offshore PSC. Sejak tahun 2008 Santos sudah memulai beragam program yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar wilayah operasi.

Berkat kiprah di bidang TJS ini, pada Mei 2012 Santos diganjar anugerah penghargaan dari Sindo Awards. Pada bulan Juni tahun 2014 Santos menerima penghargaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) Terbaik Bidang Kehumasan dari SKKMigas Perwakilan Jabanusa. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login