IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » TKDN Proyek Hulu Migas Belum Optimal

TKDN Proyek Hulu Migas Belum Optimal

Written By Indopetro portal on Monday, 3 April 2017 | 11:35

indoPetroNews- Industri minyak dan gas bumi (migas) global saat ini diklaim kurang menguntungkan. Apalagi harga minyak di pasar dunia juga belum stabil. Lalu bagaiman situasi migas di dalam negeri?

Secara umum inilah gambaran industri migas dan penunjangnya saat ini. Industri migas masih menjadi penopang perekonomian nasional dan menjadi pendorong terciptanya multiplier effect.

"Setiap Rp 1 miliar pembelanjaan sektor migas, membuka lapangan pekerjaan 10 orang," kata Direktur Industri Logam Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi dalam satu diskusi pada Sabtu (1/4/2017) di Jakarta. Disamping itu juga meningkatkan PDB sebesar Rp 700 Juta dan pendapatan rumah tangga Rp 200 Juta.

Menurutnya, jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pada industri Hulu Migas mencapai 31.742 orang (97 %), dan Tenaga Kerja Asing (TKA)1.022 orang (3%).

Dia juga mengungkapkan terdapat peningkatan terhadap impor produk baja penunjang industri migas, sehingga melemahkan industri baja dalam negeri.

Lebih jauh Doddy juga menyatakan bahwa Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat penggunaan barang jasa di sektor hulu minyak dan gas bumi menurun.

"Nilai komitmen pengadaan barang dan jasa di industri hulu migas periode Januari – Oktober 2016 mencapai US$ 6,23 miliar atau sekitar Rp 80,1 triliun, dengan persentase tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) hanya 49,9 persen. Angka ini masih lebih rendah dari pencapaian sepanjang 2015," paparnya. Pada periode tersebut, TKDN pengadaaan barang dan jasa di sektor migas mencapai US$ 7,9 miliar. Bahkan, lanjutnya, secara persentase sebesar 68 persen.

Doddy juga mengakui bahwa saat ini belum optimal pelaksanaan P3DN dan TKDN pada proyek-proyek pada industri migas.

"Kontraktor Engineering Procurement Construction (EPC) belum mengedepankan penggunaan industri dalam negeri," tegasnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login